CARA MERAWAT DAN MEMILIH IKAN CUPANG

CARA MERAWAT DAN MEMILIH IKAN CUPANG 
Sebelumnya, teman-teman harus tahu tentang ikan cupang terlebih dahulu.
Ada tiga macam ikan cupang:
  1. Cupang hias
  2. Cupang petarung
  3. Cupang liar
  • Tentukan jenis ikan cupang yang akan teman pelihara.
  • Ikan cupang termasuk jenis hewan teritorial. Jadi, cupang bersifat individual. Khususnya ikan cupang petarung. Ini berarti, pemeliharaan ikan cupang harus dalam tempat yang khusus. Jangan coba untuk menggabungkan ikan cupang dengan cupang lain atau dengan ikan lainnya. Cupang akan saling menyerang dan hal tersebut dapat melukai cupang Anda. Akibatnya, keindahan cupang Anda pun berkurang.
  • Ikan cupang termasuk ikan yang hebat karena ikan cupang dapat hidup dalam lingkungan yang kurang udara. Jadi, walaupun Anda tidak memasang sirkulator dalam akuarium, Anda tidak perlu khawatir. Namun ingat, kabersihan kandang ikan cupang harus tetap dijaga. Karena kotoran cupang maupun sisa makanan dapat mencemarkan air. Akibatnya, ikan Anda dapat mati.
  • Menurut teori belajar conditional, sifat hewan dapat dibentuk dari pembiasaan. Jika anda membiasakan cupang anda untuk makan 2 kali sehari, membersihkan akuarium setiap hari, maka cupang anda kan terbiasa dengan itu. Jadi, berhati-hatilah dalam memelihara cupang. Walaupun, anda sangat mencintai cupang anda, bukan berarti cupang anda harus selalu di makan 6 kali sehari. Nanti cupang Anda jadi manja, dan tidak dapat bertahan lama 
Menurut pengalaman saya dalam memelihara ikan cupang sebagai berikut:
  1. Beri makan ikan cupang berupa jentik-jentik nyamuk. Jentik nyamuk merupakan makan yang sehat bagi cupang. Ikan cupang anda akan sangat bersemangat dalam makan. Tetapi porsi makannya harus anda atur, cukup dua kali sehari dengan beberapa jentik nyamuk saja karena ikan cupang akan terus makan sebanyak apapun jentik nyamuk tersebut anda berikan. Nah, cara mendapatkan jentik nyamuk ini nih yang agak sulit. Dulu saya mengambil jentik nyamuk di bak mandi kos. Setiap beberapa lama bak mandi kos belum dikuras, pasti ada banyak jentik nyamuk dipojokan bak kosku.
 
  1. Selalu bersihkan tempat cupang anda, perhatikan kebersihan kandang. Pembersihan kandang dapat dilakukan dua kali sehari.
  2. Ajak refresing cupang anda. Setiap hari selama kira-kira 15-30 jam jemur ikan dalam cahaya matahari agar ikan anda fresh, giras, dan aktif. Warna ikan anda pun akan terlihat lebih bagus.
  3. Ini yang sering saya lakukan, mengajak cupangku berbincang Hehe. Sekedar untuk mendekatkan diri dengan peliharaan kita. Just try it and you can find that it’s really fun. Mengajak bicara peliharaan bukanlah tindakan gila teman. Selain sebagai media keakraban, cara ini juga bermanfaat untuk menurunkan tingkat kestreesan Anda dan media relaksasi.