LUAK ATAU MUSANG

Musang atau nama lain luwak, luwak sering kita dapati di nama kopi, atau kopi luak..
biasanya kita selama ini belum tahu apa itu luawak, luak adalah hewan mama lia yang banyak jenis nah kali ini adalah luwak kopi yang bahas.

kenapa ada kopi luwak,
proses terjadinya kopi luwak berkualitas internasional, karena perosesnya memakai waktu yang agak singkat tergantung si luaknya itu sendiri, kedengaranya perosesnya agak menjijikan tapi mahal, kopi luwak adalah berasal dari kotoran hewan itu sendiri karena luwak pemakan kopi matang dan di peroses dalam perut luwak atau musang khususnya musang pemakan kopi, nah kalau perosesnya sudah kita ketahui luawak pemakan kopi, berarti tidak ada makanan lain selain kopi berarti bersih untuk kita konsumsi, karena luak pemakan daging kopi bukan biji kopi, yang di peroses menjadi kopi adalah biji kopi pilihan musang, musang pun tahu mana kopi busuk maupun tidak.. katakanlah musang ini pemakan buah, karena tidak ada buah lain selain kopi yang ia sukai.

peroses penjemuran dan penggilingan
karena sudah kita ketahui bahan bakunya adalah biji kopi keluar bersama kotoran musang, nah karena kopi setelah di peroses didalam tubuhnya. tinggal di bersihkan dan di rendam dengan waktu lama hingga bersih karena cukup kita sadari.. heehehe dan khas kopinya sangat sedap bukan karena bermpur kotoran tapi permentasi melalui sentuhan alam yang sangat luar biasa, setelah perendaman lalu peroses penjemuran, dan penggorengan lalu penggilingan, seperti pada contoh gambar di bawah ini.

semoga menjadi insfirasi anda.