Buah Karamunting, kemunting (Myrtaceae)

Karamunting, kemunting (Myrtaceae)

Karamunting memiliki banyak nama lokal, misalnya Masisin di Central Kalimantans, Kemunting di Malaysia dan Rose Myrtle atau Downy Myrtle dalam bahasa Inggris. Kadang-kadang keliru untuk Senduduk lebih umum (Melastoma malabathricum). Namun, dua buah ini tidak terkait erat, karena Senduduk milik Melastomataceae keluarga saat Karamunting milik Myrtaceae.


berry berdaging ungu gelap ini bisa dimakan, manis dan sangat juicy dengan bau aromatik yang menyenangkan. Di banyak bagian Indonesia itu biasanya makan segar atau menghancurkan dengan gula, air dan es untuk membuat es jus lezat. Menurut Burkill, buah yang dapat dimakan dapat dibuat menjadi selai dan digunakan dalam tart. Di Vietnam, buah yang digunakan untuk menghasilkan jenis anggur yang disebut ruou sim. Burung juga suka makan buah dan kadang-kadang membangun sarang di semak-semak yang rimbun.

berry berwarna hijau ketika muda dan menjadi berwarna merah keunguan dan akhirnya ungu gelap dalam warna ketika sudah masak. Memiliki bentuk persegi panjang, sekitar 0,8-1,2 cm x 1-2 cm, diatapi oleh sepal gigih dan mengandung banyak biji kecil.