CARA MEMBEDAKAN LOBSTER AIR TAWAR JANTAN DAN BETINA

Berikut ini adalah panduan khusus cara membedakan jenis kelamin lobster jantan dan betina
Ciri berikutnya dapat diamati pada warna tubuh lobster tersebut. red claw jantan akan memiliki warna tubuh yang lebih cerah bila dibandingkan dengan betina. Warna tubuh ini akan semakin nampak ketika lobster tersebut siap untuk kawin, warna si jantan akan semakin cerah dan indah.

         Cara terakhir dan yang terpenting adalah dengan melihat alat kelaminnya (gonopore). Cara ini lebih ampuh dibandingkan dengan kedua cara di atas, dengan tingkat kepastian 100%. Untuk melihat gonopore, yang harus dilakukan adalah menangkap lobster tersebut dengan kedua tangan. Satu tangan memegang bagian dadanya dan tangan yang lain memegang bagian ekornya agar tidak berontak. Kemudian perhatikan pangkal kaki jalan lobster tersebut.

          Red claw jantan memiliki gonopore berbentuk tonjolan pada pangkal lali jalan yang ke-5. Sedangkan red claw betina memiliki gonopore dengan bentuk lingkaran agak cembung dengan lubang kecil di tengahnya pada pangkal kaki jalan ke-3. Penghitungan kaki jalan dimulai dari capit sebagai kaki jalan pertama diikuti kaki jalan berikutnya sebagai nomor 2,3,4, dan 5. Dengan memperhatikan letak gonopore, peternak tidak akan salah dalam membedakan lobster red claw jantan dan betina. baca selengkapnya