TIGA LANGKAH MUDAH MEMBEDAKAN JENIS KELAMIN IKAN MAS KOKI JANTAN DAN BETINA

Sebelum kita membeli ikan ada baiknya menentukan ikan mana yang kita akan pelihara , dan ada baiknya memiliki jenis kelamin yang berbeda karena setiap pemelihara membutuhkan perkembangan biakan  dalam pemeliharaan,  tutorial yang saya buat saat ini adalah sangat mudah bagi fomula, tutorianya dibawah ini :

1. Anus
Cara pertama untuk membedakan ikan mas koki jantan dan betina yaitu dengan memeriksa bagian anus pada ikan mas koki yang akan dibedakan jenis kelaminnya. Biasanya untuk ikan mas koki jantan, bentuk anusnya agak rata. Sedangkan pada ikan mas koki betina bentuk anusnya sedikit menonjol keluar.


2. Postur Tubuh
Ini adalah cara umum yang banyak digunakan oleh beberapa orang untuk membedakan ikan mas koki jantan dan betina. Padahal cara ini adalah cara yang lumayan sulit. Terlebih jika ikan mas koki masih berukuran kecil. Tentu untuk membedakan postur tubuh antara ikan mas koki jantan dan betina akan sangat sulit.

Tetapi anda masih bisa mencobanya. Untuk membedakan ikan mas koki jantan dan betina melalui postur tubuhnya yaitu dilihat dari ukuran ikan mas koki itu sendiri. Biasanya postur tubuh ikan mas koki jantan dan betina agak berbeda. Pada ikan mas koki jantan memiliki bentuk tubuh yang agak ramping. Sedangkan pada ikan mas koki betina memiliki postur tubuh yag sedikit lebih bulat dan gemuk.

3. Warna Sirip
Langkah yang terkahir dan sangat mudah untuk dilakukan yaitu dengan melihat warna siripnya. Salah satu perbedaaan ikan mas koki jantan dan betina yaitu terletak dari warna ujung siripnya. Ikan mas koki jantan memiliki bintik-bintik berwarna putih pada ujung siripnya. Sedangkan ikan mas koki betina tidak memiliki bintik-bintik warna putih pada ujung siripnya.

Berikut ini adalah cara membedakan jenis kelamin melalui gambar berikut :